Senin, 11 Januari 2016

KKN

sumber gambar
Besok aku akan berangkat ke salah satu desa di kabupaten Sampang di pulau Madura untuk melaksanakan KKN. Iya, aku baru saja mengambil mata kuliah KKN di semester tua ini karena aku terlalu malas dan banyak menganggur di semester ini tidak memiliki banyak tanggungan perkuliahan, sehingga kusisakan KKN untuk kunikmati di semester akhir.

Sesuai dengan namanya, KKN atau Kowah-Kowoh Nganggur Kuliah Kerja Nyata adalah kontribusi nyata kita sebagai mahasiswa kepada masyarakat sekitar. Kontribusi tersebut bisa berupa program kerja untuk membangun desa, memberi penyuluhan kepada masyarakat, atau pun mengajar anak-anak desa. Kebanyakan program KKN ini dilakukan di desa atau kelurahan di beberapa kabupaten di Jawa Timur. Pengembangan untuk daerah yang didatangi inilah yang akan dinilai untuk melihat seberapa jauh mahasiswa bisa memberikan tenaganya bagi masyarakat sekitar.

Dalam kurun waktu satu bulan, para mahasiswa akan dikelompokkan dan kemudian ditempatkan di desa atau kelurahan yang sudah ditentukan. Jadi, selain membaur dengan masyarakat di desa dan kelurahan setempat, para mahasiswa juga dituntut untuk bisa berbaur dengan teman sesama mahasiswa dari berbagai fakultas berbeda pada satu universitas yang sama. Aku bersyukur mendapatkan teman-teman yang suka bekerja sama dan selalu bahu membahu dalam menyusun rencana untuk keperluan kami di sana. Walaupun mungkin mereka memang sangat sibuk akibat urusan perkuliahan kemarin, tetapi mereka sangat menyenangkan.

Awalnya, kupikir program KKN hanyalah program untuk sekadar memberi penyuluhan atau mengajar masyarakat sekitar. Namun, ternyata KKN lebih dari itu. Di desa atau kelurahan yang akan mahasiswa tempati, mahasiswa akan "berkuliah" secara langsung kepada masyarakat dan "bekerja" secara nyata untuk masyarakat. Tidak hanya sekadar melakukan program kerja yang sudah disiapkan kelompok jauh-jauh hari di Surabaya, tetapi juga lebih dari itu. Kontribusi apa yang dapat kita berikan kepada masyarakat, seberapa senang masyarakat menerima kita di tempat mereka, seberapa jauh kita dapat mengenali mesyarakat daerah tersebut, serta apa hasil nyata yang dapat kita berikan kepada mereka. Itulah kuliah kerja nyata yang sebenarnya menurut ketua kelompokku. Bukan sekadar pindah tidur dan berkegiatan ala kadarnya di sana, tetapi bagaimana masyarakat merasa terbantu dengan adanya program KKN yang akan, sedang, dan telah berjalan di daerah tempat mereka tinggal.

Semoga kami yang akan berangkat KKN besok dapat membawa manfaat yang besar bagi daerah yang akan kami tempati.

2 komentar:

  1. Hi Dita baru pertama main kesini hehe. Btw semangat ya untuk KKN disana semoga membawa keberhasilan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, terima kasih sudah mau mampir ke blog ini dan terima kasih doanya :)

      Hapus