Rabu, 19 Agustus 2015

Kegagalan

sumber gambar
Aku percaya, setiap orang pasti melewati masa-masa sulit dalam hidup mereka. Aku juga percaya, setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan dalam mencoba meraih apa yang mereka impikan. Walaupun beberapa dari mereka ada yang akhirnya berhasil, akan tetapi tetap saja mereka akan pernah melewati ujian kegagalan demi mendapatkan apa yang mereka inginkan, entah sekali, dua kali, atau bahkan berkali-kali. Ada pula orang-orang yang telah mengalami kegagalan berulang kali dan merasa keberuntungan sedang tidak berpihak kepadanya setiap saat, sehingga mereka memilih untuk menyerah demi menyembuhkan sakit hati mereka terhadap kegagalan yang mereka alami bertubi-tubi.

Hal lain yang aku percaya adalah kegagalan tidak mungkin terjadi tanpa maksud tertentu. Ada kegagalan yang terjadi karena seseorang tidak mengikuti prosedur yang benar, sehingga wajar saja jika kegagalan terjadi padanya. Untuk menyelesaikan hal tersebut, orang itu harus memperbaiki kesalahan yang ia buat, entah secara sadar atau pun tidak, demi menghindari kegagalan yang sama. Tentu ia harus menyadari bagian mana yang harus diperbaiki olehnya. Jika tidak, ia akan jatuh ke dalam lubang yang sama terus menerus. Hal ini termasuk jarang dievaluasi oleh banyak orang sehingga mereka pada akhirnya terus mengalami kegagalan serupa dalam setiap tindakan yang mereka maksudkan untuk mencapai tujuan mereka.

Ada pula kegagalan yang terjadi karena mungkin Tuhan tidak menghendaki seseorang berhasil dalam meraih apa yang ia mau. Mungkin Tuhan mengetahui bahwa jika ia berhasil, ia akan menjadi tinggi hati dan tidak mau berusaha lagi. Mungkin ia akan memandang rendah orang lain yang mengalami kegagalan dan menganggap bahwa orang-orang tersebut tidak berusaha sekeras dirinya. Mungkin ia akan merasa dirinya lebih unggul dari orang lain. Dan banyak kemungkinan lainnya. Sehingga, Tuhan memilih untuk menggagalkan usahanya ketimbang membiarkan ia berhasil mencapai keinginannya. Walaupun tidak menutup kemungkinan pula Tuhan membuat beberapa orang dengan tipe seperti ini berhasil mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Ada juga kegagalan yang terjadi karena pencapaian yang dituju merupakan pencapaian yang tidak baik, bisa jadi merugikan orang lain, dan lain sebagainya. Jika tidak digagalkan, maka akibatnya akan sangat berbahaya. Maka dari itu, akan lebih baik jika pencapaian ini digagalkan dengan sempurna.

Kegagalan yang lain juga bisa terjadi karena Tuhan mungkin punya rencana yang lebih baik lagi untuk seseorang daripada apa yang orang itu sendiri rencanakan. Jika ia berhasil mencapai apa yang ia inginkan, sudah tentu ia tidak akan mencicipi manisnya rencana Tuhan yang lebih baik itu. Tidak menutup kemungkinan jika Tuhan membuat ia berhasil dengan rencananya sendiri dan memilih untuk menunjukkan rencana-Nya di kemudian hari untuk membuat orang itu berpikir dan sedikit menyesal mengapa ia tidak mengikuti rencana Tuhan.

Satu hal lagi yang aku percaya adalah semua kegagalan di atas bisa diatasi jika kita terus memperbaiki niat dan tujuan kita dalam mencapai apa yang kita cita-citakan. Akan tetapi, niat dan tujuan tersebut juga harus dibarengi dengan usaha yang keras. Niat dan tujuan yang baik tanpa usaha yang maksimal pun tentu akan sulit dicapai. Juga, jangan lupa untuk terus mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan yang sudah diperbuat selama perjalanan menuju kesuksesan. Memperbaiki yang sudah ada itu memang sulit, tetapi akan lebih sulit lagi jika kita menghadapi kegagalan yang sama lagi dan lagi.

0 komentar:

Posting Komentar